Sejak munculnya para idola k-pop generasi pertama di tahun 90-an, salah satu agensi raksasa Korea Selatan, SM Entertainment memang selalu unggul di industri musik Korea. Hampir dua dekade berlalu, agensi yang didirikan oleh Lee Soo Man tersebut hingga kini pun masih terus berada di posisi teratas. Lalu, apa rahasia di balik kesuksesan agensi hiburan tersebut?

SM Entertainment merupakan ‘rumah’ bagi para idola k-pop terbesar yang hingga kini terus mendunia, dimulai dari generasi pertama, seperti H.O.T , S.E.S, dan juga Shinhwa. Kini, SM semakin berjaya setelah menelurkan para grup idola seperti TVXQ, Super Junior, SNSD, SHINee, f(x), dan EXO.

Yap, hal yang membuat agensi ini terasa berbeda dengan agensi lainnya adalah penampilan para artisnya yang mengusung genre SMP (SM Music Performance), yaitu genre yang diciptakan oleh SM Entertainment pada pertengahan tahun 90-an. SMP mengombinasikan rock dan R&B, diikuti oleh penampilan dance yang kuat. Genre ini tentu saja sangat mudah diterima di kalangan anak muda dan juga dewasa.

Tak hanya genre yang diusung, dalam hal penampilan, SM sangat mengutamakan koreografi, aksi panggung, serta visual menarik yang menjamin sebuah kepuasan para penonton yang menyaksikannya. Selain itu, tak bisa dipungkiri bahwa hampir semua lagu yang dibawakan oleh para artis SM selalu dengan mudah menancap di kepala dengan irama yang ear-catchy dan kadang dengan lirik yang sangat unik, seperti contoh adalah ‘Sorry Sorry’ milik Super Junior, ‘Ring Ding Dong’ milik SHINee, serta lagu terbaru EXO yang berjudul ‘Wolf’.

Terlepas dari musik dan penampilan para artisnya, yang membedakan SM dengan label lainnya adalah kekuatan fandom para artisnya itu sendiri yang cukup menonjol. Contohnya adalah EXO yang mungkin memang masih pendatang baru, namun berkat genre SMP nya tersebut, EXO mampu membentuk sebuah fandom yang besar dalam waktu yang singkat. Bahkan Shinhwa yang meninggalkan SM di tahun 2003 masih tetap mampu mempertahankan kesuksesannya sebagai sebuah grup karena kuatnya basis fandom mereka yang terbentuk ketika Shinhwa debut di bawah SM Entertainment tahun 1998 silam.

Karena basis penggemarnya yang cukup kuat, SM pun kemudian melayani kebutuhan fans tersebut dengan memproduksi musik, konser, dan berbagai produk lainnya, seperti merchandise dari para artisnya. Kesimpulannya, SM Entertainment unggul dalam hal ‘mengemas’ setiap artisnya dan bagaimana mereka memanjakan para fans.





CR : DREAMERSRADIO

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © CORETAN - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -